AKAN TERBIT: BUKU tentang PUASA

PUASA dilakukan oleh hampir semua agama di dunia. Hanya saja, tata caranya berbeda-beda. Bahkan, di luar ritual agama, ada pula orang yang melakukan puasa, misalnya untuk diet kesehatan dan menghindari atau mengurangi makanan tertentu sesuai tujuan diet. Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , | 4 Komentar

Wawasan: Pengertian Domain dan Hosting

Sebetulnya saya belum memiliki domain dan hosting berbayar. Sebab, belum mengerti secara jelas/mendasar apa sih arti keduanya. Untuk itu saya mengutip apa yang ditulis oleh PusatHosting, dan tercerahkan. Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Wawasan | 4 Komentar

Belajar dari Kokkang

Terdorong oleh kegiatan Paguyuban Kartunis Yogyakarta (Pakyo) yang mengadakan pameran kartun nasional saat itu 1982. Odios (Darminto M. Sudarmo) bersama Itos Boedy Santosa. Keduanya kartunis, awalnya Odios mengetuk-tularkan pengetahuan teknik gambar kartun untuk media massa kepada Itos.

Hingga tiba pada suatu hari, Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Uncategorized | 46 Komentar

Safety Riding… Aman Berkendara… Mari Kita Laksanakan

Sepeda Motor Dominasi Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Ibu Kota
Kecelakaan di jalan raya berawal dari kurangnya kedisiplinan pengendara sepeda motor dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Sehingga pengendara sepeda motor masih mendominasi angka kecelakaan lalu lintas di ibu kota. Setiap hari tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Jakarta. 75% adalah pengendara sepeda motor. Pelanggaran yang dilakukan pengendara motor antara lain, tidak menggunakan helm standar SNI, menyerobot lampu merah, berkendara secara zig-zag, masuk jalur busway, melawan arus, berboncengan lebih dari dua orang atau tidak membawa SIM.

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Wawasan | Tag , , , | 51 Komentar

Rima Sarkastik Menggelitik

Lucu, batin saya berteriak ngakak…Saya baru saja berkunjung ke blog tetangga; awalnya serius bak tulisan yang akademis gitu deh dan saya coba berpikir, “Nah…di sini biasanya saya memperoleh banyak ide: ‘smart blog’…ya, saya mengklasifikasikannya begitu.

Tapi tiba-tiba di penghujung artikel….tersurat rima sarkastik nan menggelitik memukul telak mata yang terbelalak 8) 😉

Berikut saya petik beberapa saja dari semuanya.

03. Susah untuk akrab dengan teknologi,
paling mentok cuma jadi pemakai blackberry,
itupun hanya untuk chatting hahahihi,
isinya BBM-an sepanjang hari.

05. Bicara tak lancar kok menyebut diri sebagai pengajar,
lalu apa yang mau diberikan kepada mahasiswa yang ingin belajar,
selain ilmu turunan yang tawar dan hambar,
bagaimana mahasiswa mau mendengar,
jangan-jangan pengajarnya yang harus ditatar.

06. Tak paham Teknologi Informasi baru,
namun cari alasan nggak sesuai dengan disiplin ilmu
tapi giliran facebook-an bisa nggak kenal waktu
kirain sibuk kerja nggak taunya komen di wall melulu..

Ngakak, mesti…. Nggak salah saya berlangganan blog mas danu 🙂 []

Dipublikasi di inspirasi, Uncategorized | Tag , , , , , , | 6 Komentar

Kehidupan di Cina: “Kuku Terakhir” di Beijing

Sementara para tetangganya mulai bosan dan luntur semangat mempertahankan tempat tinggalnya, Zhang Changfu dan adiknya tetap semangat dalam mempertahankan rumah tinggalnya. Bertempat tinggal di distrik Chaoyang di pusat kota Beijing. Bahkan, gedung-gedung pencakar langit telah ‘mengepung’ tempat tinggal mereka. Sehingga … Baca lebih lanjut

Galeri | Tag , , , , | 3 Komentar

Nothink bukan Nothing

Jangan berpikir yang nggak mungkin… indonesia-vs-malaysia-piala-aff.jpg
:mrgreen:

Posted by Wordmobi

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Someone subscribed to my blog

while i tried to check my incoming mail…i saw something different. unusually, i received an email came from wordpress. they told me that ‘Someone subscribed to your blog’…
Scr000006.jpg
Howdy, Someone just subscribed to your blog, ade truna’s Blog. This means they will get an email every time you publish a post. Congratulations. Their email address is ****@gmail.com, and they appear to be from Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
WordPress.com| Thanks for flying with WordPress!

it’s chill out! I’ve been very surprising since i knew it… It means i have to responsible by posting useful stuff for every single article, yay!!! []

Posted by Wordmobi

Dipublikasi di Wordpress | Tag , | Meninggalkan komentar

Curhat pada-NYA

Buka-buka inbox FB ada postingan ‘unik’ yang hati saya jadi tergerak membacanya….betapa pertolongan itu bersumber dari Allah Swt. Jadi ingat pepatah “Jodoh, Rejeki, Umur ada di tangan Allah”.

Berikut isi ‘curhat’ tersebut.

Untuk jangka panjang…. Saya ingin memiliki rumah impian. Rumah milik saya sendiri. Saya ingin punya penghasilan yang bisa menyekolahkan anak-anak saya di sekolah terbaik. Saya ingin punya satu mobil lagi sehingga kami tidak perlu gantian. Saya ingin berhenti jadi karyawan dan memulai usaha saya sendiri.

Untuk jangka pendek… Saya ingin punya handphone baru. Bener deh Allah handphone saya udah dodol banget. Saya ingin punya imac. Supaya saya nggak pinjem macbook suami saya terus-terusan. (ini buat kerja lho Allah bukan buat main FB atau twitter). Saya ingin hutang-hutang saya lunas. Supaya saya bisa menabung. Saya inging penghasilan saya bertambah supaya hutang-hutang saya bisa lunas.

Untuk jangka tak terbatas…. Ingatkan saya untuk selalu ikhlas, sehingga saya terbebaskan dari dari tuntutan yang tinggi terhadap diri sendiri dan kehidupan. Ingatkan saya bahwa setiap kesulitan yang saya alami adalah bekal saya untuk mengajarkan anak-anak arti kehidupan. Ingatkan saya untuk selalu merasa bahagia dengan apa yang saya miliki supaya saya bisa menghargai setiap jerih payah saya. Ingatkan saya untuk selalu berpikir positif untuk mendapatkan hasil yang positif. Ingatkan saya untuk selalu berempati sehingga saya tak perlu terlarut dalam kekecewaan. Ingatkan saya untuk selalu mensyukuri setiap hari yang saya lewati, sehingga saya bisa lebih memaknai hidup saya. Ingatkan saya untuk selalu mengingat-Mu, sehingga ketika saya jatuh saya tau saya tidak sendiri. Ingatkan saya untuk terus bermimpi, supaya saya selalu memiliki spirit untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu. Ingatkan saya bahwa setiap kemarahan itu adalah sangat humanis, sehingga saya senantiasa menjadi orang yang pemaaf. Ingatkan saya bahwa setiap kegagalan yang saya alami adalah proses untuk mendewasakan saya. Ingatkan saya agar selalu berterimakasih untuk semua yang terjadi setiap hari, kesenangan dan kebahagiaan yang datang juga kekecewaan, kemarahan dan kesedihan yang membuat jiwa ini tetap hidup. [Posted by Charindra Chastiti yang biasa dipanggil Cippi at 12:00 AM]

Dipublikasi di inspirasi | 2 Komentar

TIPS: Menguatkan Daya Ingat

Kalau Anda harus mengingat sebuah kata, cobalah mengingat-ingatnya dengan mengikutsertakan indera perasa.

DAYA ingat manusia lebih fantastis daripada yang pernah dibayangkan. Apabila seluruh informasi di alam semesta dimasukkan ke dalam otak, tentu tidak akan penuh ruang di otak kita. Otak manusia yang memiliki satu triliun sel otak terdiri dari 100 miliar sel aktif dan 900 miliar sel yang menghubungkannya.
Daya ingat sebenarnya bisa dilipatgandakan. Karena itu, Anda yang mengalami kesulitan mengingat sangat perlu melatih otak agar dapat bekerja secara optimal. Semakin sering melatih daya ingat, semakin kuat Anda dalam mengingat sesuatu. Berikut adalah beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk menguatkan daya ingat.

Gunakan pola
Cara terbaik untuk mengingat sejumlah angka adalah mengamati pola yang tersembunyi. Bukan hal gampang kan kalau Anda disuruh mengingat angka-angka ini, 3810151722242931363843? Deretan angka tampak disusun secara acak. Tapi jika diperhatikan baik-baik, angka-angka tersebut disusun berdasarkan pola tertentu, yaitu ditambah 5 kemudian ditambah 2 dan seterusnya. Begitu mengetahui pola yang digunakan, Anda tinggal mengingat angka pertama dalam barisan tersebut. Yang pasti, Anda bisa mengasah ketajaman spesial dengan berlatih mengingat angka daripada membiarkan memori otak Anda kosong sama sekali.

Teknik asosiasi
Metode ini juga merupakan andalan untuk mengingat angka-angka. Yang Anda lakukan di sini adalah mengasosiasikan sejumlah angka dengan sebuah kata yang memiliki keterkaitan. Contohnya, 74736052007365. Pisahkan angka-angka menjadi beberapa kelopak yang masing-masing memiliki keterkaitan dengan kata tertentu. Misalnya, Jumbo Jet (747), Xbox (360), Deck of Cards (52), James Bond (007) dan jumlah hari dalam setahun (365). Metode ini pun dapat digunakan berulang kali sebagai password yang menyenangkan sekaligus mudah diingat.

Metode alfabetis
Kita semua pasti akrab dengan sistem abjad. Kalau Anda punya sejumlah kata yang harus diingat-ingat, tempatkan kata-kata tersebut secara alfabetis. Jika kata-kata yang harus dihapal sedemikian panjang, misalnya nama-nama negara bagian Amerika, urutkanlah mulai dari nama 1 negara yang dimulai dengan huruf A. Begitu Anda mampu mengingatnya, ulang dari awal sambil menambahkan nama-nama negara lainnya, sampai semua negara tersusun secara alfabetis dan Anda mampu mengingatnya secara keseluruhan.

Metode memecah
Memecah sesuatu menjadi potongan-potongan kecil yang sangat penting untuk mengingat. Tanpa disadari ini sudah biasa kita lakukan sehari-hari. Contoh konkretnya adalah nomor telepon. Begitu mendengar sederet angka, kita langsung berusaha memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Umumnya menjadi kode area yang memiliki 3 atau 4 digit.

Teknik membayangkan

Kalau Anda termasuk orang yang sulit mengingat nama seseorang, inilah cara paling efektif untuk mengingat nama–nama mereka. Saat berkenalan dengan John Key, contohnya, bayangkan wajahnya dengan sebuah kunci besar yang berada tepat di tengah wajahnya. Begitu pula kala bertemu dengan seseorang yang dipanggil Patty Grant. Anda bisa mencoba membayangkan lemak daging yang dibungkus dalam gulungan uang. Cara lain yang dilakukan untuk mengingat nama seseorang adalah menemukan asosiasi antara sosok yang tengah Anda maksud dengan seseorang lainnya yang Anda sudah ketahui namanya.

Metode bercerita
Metode ini bisa  sangat mengasyikkan. Buatlah sebuah cerita yang mencakup semua hal yang perlu Anda ingat. Katakanlah Anda harus mengingat-ingat untuk membeli ember, sekeranjang apel, sikat rambut, dan beberapa lembar alas untuk menampung kotoran kucing di kandangnya. Dari sini Anda bisa mengarang cerita, “Setelah Jeni mengangkat alas kotoran dari kandang kucing dan memasukkan ke dalam ember merah, ia menyisir kucing peliharaannya dengan sisir rambut yang baru, sementara ia sendiri asyik menikmati apel merah”. Isi ceritanya tak harus sungguhan kok. Yang pasti cara ini sangat efektif untuk membantu Anda mengingat sesuatu karena kata atau frasa  inilah yang menjadi semacam kunci untuk membuka informasi selanjutnya. Contohnya, warna-warna pelangi dapat diingat dengan menyebut frasa mejikuhibiniu.

Memberdayakan indera
Kalau Anda harus mengingat sebuah kata, cobalah mengingat-ingatnya dengan mengikutsertakan indera perasa. Contohnya, kalau Anda harus beli sabun, cobalah untuk membangun imajinasi tentang sabun dengan membayangkan aromanya seperti apa. Anda pun dapat memberdayakan indera lainnya dengan cara yang sama. Misalnya, ketika harus membeli jam, ingat-ingatlah dering suaranya yang memecah kenikmatan tidur Anda pada pagi hari. [okezone]

Dipublikasi di Wawasan | 13 Komentar